Senin, 09 Januari 2017

Apa Kabar Orang-Orang Besar ?

Tags

Apa Kabar Orang-Orang Besar ?

Judul di atas adalah penggalan kata-kata yang terdapat dalam film Negeri 5 Menara rangkaian cerita Ahmad Fuadi belajar di Pesantren Darussalam Gontor.
Nah, Siapakah orang-orang besar itu?
Menurut Gontor sendiri orang-orang besar itu adalah orang yang mau mengajarkan ilmunya dengan penuh keiklasan meski dia berada di tempat yang terpencil dan di balik gunung sekalipun ! (http://islamshout.blogspot.com)
Lhoh, orang besar bukan yang besar badannya?
Bukan,orang besar itu bukan di ukur dari bentuk fisiknya. Orang besar adalah mereka yang berjiwa besar, punya ilmu yang luas, dedikasi yang tinggi terhadap terhadap ummat dan mau berbuat dan bergerak untuk sebuah kebaikan.
Menurut Abu Firly Bassam Taqiy dalam bukunya berjudul ” Agar Allah Selalu Memberi Jalan Keluar” , Kebesaran seseorang itu terbentuk dari rangkaian peristiwa yang telah dilaluinya. Orang yang tidak pernah absen dari setiap peristiwa, problematika dan persoalan hidup, yang selalu hidup dalam keseharian manusia dan selalu selalu siap merasakan suka duka, manis dan getir, senyum dan tangis. Dan beliau juga berpendapat bahwa orang besar itu adalah orang yang mau menanggung beban orang banyak atau ummat.
Orang yang siap menanggung beban ummat ini ia juga akan hidup sebagai orang yang besar dan matipun sebagai orang besar pula. Karena bagi mereka yang hidup untuk dirinya sendiri maka ia akan hidup sebagai orang kecil dan akan mati sebagai orang kecil pula.
So, Tetaplah berdiri diatas kepentingan ummat !
Jadilah orang besar !


EmoticonEmoticon